Soal Kuis Termodinamika : Siklus

January 11, 2018

1. Satu mol gas ideal monoatomik pada awalnya memiliki tekanan P0, volume V0, dan temperatur 438K. Gas mengalami proses ekspansi isothermal sehingga volumenya menjadi tiga kali volume semula. Lalu, gas dikompresi secara isobarik sehingga kembali ke volume semula. Akhirnya, gas mengalami penambahan tekanan secara isokhorik, sehingga tekanan, volume, dan temperatur gas kembali menjadi P0, V0, dan 438K. Berapa besar kalor yang dilepaskan oleh gas dalam siklus tersebut?

2. Dua mol gas ideal monoatomik, mengalami proses dari keadaan A dengan volume 10 liter ke keadaan B dengan volume 20 liter, dengan menjaga tekanan bernilai tetap sebesar 5 x 105 Pa. Kemudian gas tersebut mengalami
proses dari keadaan B ke keadaan C yang mengakibatkan terjadinya penambahan volume sebesar 10 liter dengan tidak disertai perubahan temperatur. Proses kemudian berlanjut dari keadaan C ke keadaan D dengan volume tetap. Selanjutnya, gas tersebut mengalami proses terakhir dari keadaan D kembali ke titik awal A tanpa menerima atau mengeluarkan kalor. 
a. Dalam diagram P-V, gambarkanlah siklus termodinamika proses-proses yang dialami gas tersebut beserta nilai P dan V di titik A, B, C, dan D.
b. Tentukan pada proses manakah kalor masuk dan pada proses manakah kalor keluar, serta tuliskan besarnya. 
c. Tentukan efisiensi siklus tersebut.

Jawaban harap dikirim melalui Whatsapp sebelum jam 20.30 WIB.
Jawaban yang benar dari kedua soal tersebut akan dipost di blog ini pada hari jumat besok. 

You Might Also Like

0 comments

Recent Post

Soal dan Pembahasan Neraca Massa - Azas Teknik Kimia 5 (Pengenalan Dengan Reaksi)

Soal 1 : Neraca Massa dengan reaksi Acrylonitrile diproduksi dari reaksi propilen, amoniak, dan oksigen sebagai berikut: Umpan me...

Visitors